Senin, 21 November 2016

TUGAS 1 SOFTSKILL PENGANTAR BISNIS #









“KEGIATAN OPERASIONAL DI KANTOR POS”
Dosen : S Tiwi Anggraeni




Disusun oleh :
AULIA FAUZY PRADANA
(21216196)




Nama Anggota Kelompok :

Agnes Tiomaria Situmorang  ( 20216310 )
Aulia Fauzy P.                        ( 21216196 )
Dian Rachmawati                   ( 21216972 )
Enjelin Martinse Nianugrni    ( 22216340 )
Kevin Alforo                          ( 28216314 )

May Veronica Lumban Gaol  ( 24216325 )










KEGIATAN OPERASIONAL DI KANTOR POS

            PT. Pos Indonesia adalah salah satu BUMN yang bergerak di bidang jasa. Pada awalnya PT. Pos hanya bergerak di bidang pengiriman paket dan surat, tapi sekarang PT. Pos juga bergerak di bidang jasa keuangan. Berikut ini, adalah ilustrasi kegiatan pengiriman sutar/barang dan pembayaran tagihan di kantor pos.


Kegiatan pengiriman surat/barang
Percakapan di bawah ini adalah ilustrasi ketika seorang costumer ingin mengirim surat melalui kantor pos.

Agnes              : "Selamat Siang."
Petugas            : "Selamat Siang, ada yang bias saya bantu?"
Agnes              : "Saya ingin mengirim berkas-berkas kepada saudara saya di Bandung."
Petugas            : "Anda mau mengirimnya dengan pos kilat, pos biasa, atau pos express?"
Agnes              : "Perbedaannya apa ya?"
Petugas            : "Kalau menggunakan pos kilat dan pos express waktu sampai barang ke tempat tujuan lebih cepat dibandingkan dengan pos biasa."
Agnes              : "Kira-kira berapa lama ya?"
Petugas            : "Dengan pos kilat barang sampai tiga hari tergantung jaraknya, kalau pos express hanya satuatau dua hari barang sudah sampai, sedangkan untuk pos biasa lebih lama lagi."
Agnes              : "Kalau harganya?"
Petugas            : "Kalau menggunakan pos biasa harganya sesuai dengan harga prangko. Sedangkan untuk pos kilat dan express tergantung jarak pengiriman, berat dan ukuran barang yang akan dikirim."   
Agnes              : "Saya pilih yang kilat saja, Bu." ( Sambil menyerahkan barang yang akan dikirim ).

Petugas menimbang dan mengecek ulang data pengirim dan data tujuan barang

Petugas            : "Sebentar ya mbak, saya isi data untuk tanda terimanya dulu ya?"
Agnes              : "Iya."

Petugas memasukkan data ke dalam komputer kemudian mem-print data tersebut

Petugas            : "Biaya totalnya Rp 10.000,00 mbak."
Agnes              : "Baik." (Sambil membayar sebanyak biaya yang ditetapkan)
Petugas            : "Uangnya saya terima ya mbak, silahkan terima tanda terimanya. Dan tandatangan                               disini." (Sambil menjunjuk tempat yang akan ditandatangan.)
Agnes              : "Iya."
Petugas            : "Terima kasih."
Agnes              : "Terima kasih kembali."


Kegiatan pembayaran tagihan
Ilustrasi di bawah ini menggambatka kegiatan ketika seorang costumer ingin mambayar pajak bumi dan bangunan di kantor pos

May                 : "Selamat Siang."
Petugas            : "Selamat Siang, ada yang bias saya bantu?"
May                 : "Saya ingin membayar pajak bumi dan bangunan."
Petugas            : "Bisa saya lihat SPPT PBB nya?"
May                 : "Bisa." ( Menyerahkan SPPT )
Petugas            : "Sebentar ya mbak saya cek dulu."
May                 : "Baik." (Sambil menunggu hasil yang sedang di cek)
Petugas            : "Total pajak yang harus mbak bayar Rp 100.000,00."
May                 : "Baik." (Sambil membayar nominal yang diminta)
Petugas            : "Uangnya saya terima ya. Tunggu sebentar ya, STTSnya saya print dulu (petugas      mem-  print STTS). STTS nya jangan dihilangkan ya mbak. Soalnya ini adalah tanda  mbak sudah membayar kewajiban PBB mbak."
May                 : "Iya. Terimakasih."

Petugas            : "Terima kasih kembali."





SELESAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar