Rabu, 02 Mei 2018

Membedakan PT dan CV dalam suatu usaha

Tugas Individu 
Aspek Hukum dan Ekonomi 

Disusun oleh: 
Nama: Aulia Fauzy  Pradana 
Kelas: 2eb18 
NPM: 21216196 


PT Bukaka Teknik Utama Tbk
Selanjutnya disebut 'Bukaka' atau 'Perseroan', didirikan pada tanggal 25 Oktober 1978 berdasarkan Akta Notaris Haji Bebasa Daeng Lalo, SH, No. 149 dan telah mendapat persetujuan dari Menteri Kehakiman RI melalui Surat Keputusan No. Y.A.5/242/7 tanggal 21 Mei 1979. Anggaran Dasar Perseroan telah mengalami beberapa kali perubahan dimana perubahan terakhir di tahun 2011 adalah sehubungan dengan penurunan modal dasar, modal ditempatkan dan disetor penuh serta nilai nominal saham. Modal Dasar yang sebelumnya Rp2.000.000.000.000 diturunkan menjadi Rp1.352.000.000.000, terbagi atas 4.000.000.000 saham. Modal ditempatkan dan disetor diturunkan dari sebelumnya sebesar Rp1.320.226.000.000 menjadi Rp892.472.776.000. Penurunan modal disetor dilakukan melalui kuasi reorganisasi dengan cara menurunkan nilai nominal saham dari sebelumnya Rp500 menjadi Rp338 per saham. Perubahan ini telah diaktakan dengan Akta No. 20 tanggal 15 Desember 2011 oleh Notaris H. Fedris S.H., dan telah mendapat persetujuan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan No. AHU-08119.AH.01.02 tanggal 16 Februari 2012.  Dengan dukungan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya, Perseroan turut berkontribusi terhadap percepatan pembangunan nasional melalui penyediaan produk dan layanan yang berkualitas terhadap sektor-sektor strategis, seperti energi, transportasi dan komunikasi. Perseroan juga didukung oleh entitas anak usahanya, PT Bukaka Mandiri Sejahtera (BMS) yang bergerak di bidang pertambangan, pengolahan dan perdagangan nikel serta PT Bukaka Energi (BE) yang bergerak di bidang pembangkit tenaga listrik. Komitmen Perseroan untuk mempersembahkan karya terbaiknya bagi bangsa melalui kemitraan strategis dengan banyak perusahaan terkemuka, termasuk dari mancanegara, membuahkan Sertifikasi ISO 9001 dan Sertifikasi dari American Petroleum Institute (API) untuk kegiatan jasa terkait minyak dan gas bumi tahun 1995. 

Produk yang terdapat di Bukaka Teknik Utama : Steel Tower, Steel Bridge, Road Construction Equipment, Special Purpose Venichle. 

Dalam Segi Produksi : produksi untuk  pabrik garbarata tersebut dalam satu bulan mampu membuat 8 unit dengan biaya produksi sekitar Rp 5 miliar sampai Rp 6 miliar dan paling tinggi Rp 7 miliar sampai Rp 8 miliar. 

Dalam Segi Mesin atau Peralatan : 
yang ada di Bukaka Teknik Utama ini dapat dikelompokkan menjadi lima kelompok peralatan kerja, pengelompokannya berdasarkan fungsi kerja dari masing-masing mesin, kelompoknya yaitu :

a) Lifting equipment. 
Hasil gambar untuk forklift bukaka


alat berat yang digunakan sebagai alat pengangkat dengan bebagai jenisberat beban maksimal yang mampu diangkat oleh alat tersebut. Digunakan untuk mengangkut bahan produksi yang sudah jadi.

b) Compressor equipment. 
Hasil gambar untuk compressor  bukaka 
Yang digunakan sebagai pembangkit listrik pada setiap perusahaan. 

c) Machining equipment.
Gambar terkait 
Mesin yang digunakan sebagai pencampuran untuk membuat asphalt atau pun pasir dan batu . 

d) Abrasive equipment

image
Mesin yang digunakan untuk memindahkan pasir dari tempat satu ke yang lainnya. 

e) Power tools equipment
Hasil gambar untuk Power tools equipment   bukaka

Segi Proses Produksi 
Pt BUKAKA menggunakan besi baja yang di supply dari perusahaan besi baja di indonesia . Dia hanya merakit atau menyambung kan besi baja tersebut menjadi Box Girder . 
Hasil gambar untuk pembuatan box girder pt bukaka

Dalam Jenis Produknya 


A. Steel Tower
Sebagai pionir dalam membuat dan membangun transmisi tegangan tinggi dan sangat tinggi di Indonesia, Perseroan memproduksi transmisi pertamanya dengan kapasitas 70kV dan 150 kV pada tahun 1981, dan double circuit tower dengan kapasitas 500 kV pada tahun 1984. Hingga tahun 2010, Perseroan telah menyelesaikan sejumlah proyek turn-key dengan kapasitas antara 70kV s/d 500 kV untuk PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Di samping itu, Perseroan merupakan satu-satunya perusahaan di Asia Tenggara yang memiliki fasilitas uji coba tower berkapasitas hingga 500 kV. Perseroan juga berkontribusi dalam proyek turn-key tower telekomunikasi dan pembangunan shelter untuk memenuhi kebutuhan beberapa operator dan provider telco di Indonesia, baik untuk tipe tower curve dan pipe, serta pembangunan proyek turn-key untuk tower broadcast dengan ketinggian 220 m di Surabaya dan Semarang. Unit Usaha ini telah melayani permintaan dari beberapa perusahaan besar seperti PT SMART, PT Telkom Indonesia Tbk (Persero), Siemens, PT XL Axiata, PT Indosat Tbk, PT Tower Bersama, PT Daya Mitra, dan PT Protelindo.


B. Steel Bridge
Didirikan pada tahun 1996, unit usaha ini terkemuka dalam Engineering, Procurement, Fabrication, Finishing, Construction, Installation, dan Service. Pada awal tahun beroperasi, unit usaha ini menerima pemesanan pembuatan jembatan baja dengan ukuran panjang 30.740 meter, dan berhasil menjadi pionir dalam konstruksi truss bridge di Indonesia. Beberapa tahun kemudian, Perseroan secara persisten masuk kedalam market dan memposisikan perusahaan sebagai 4 besar produsen jembatan baja di Indonesia dalam waktu kurang dari lima tahun. Upaya yang persisten tersebut sejalan dengan pembuatan design jembatan terbaik dan produksi arch bridge di Kahayan, Kalimantan Tengah, pada tahun 2003.  Dengan komitmen yang kuat dalam peningkatan teknologi dan efisiensi dalam produk dan sistem, Perseroan telah memproduksi dan memasang banyak jembatan arch hampir di setiap wilayah Indonesia seperti Jembatan Pela dan Mahulu di Kalimantan Timur, Jembatan Kalahien dan Kahayan di Kalimantan Tengah, Jembatan Siak Tiga, Teluk Masjid dan Siak Empat di Pekanbaru, Riau. Beberapa pelanggan diantaranya adalah PT Hutama Karya (Persero), PT Waskita Karya Tbk (Persero), PT Adhi Karya Tbk (Persero), PT Pembangunan Perumahan Tbk (Persero), dan Departemen Pekerjaan Umum (PU). Jenisnya terdiri dari : Jembatan Grider, Box Grider , Pelengkung , Gantung , Panel.


C. Road Construction Equipment
Unit yang mulai beroperasi pada tahun 1980 ini, pada awalnya hanya memproduksi Asphalt Sprayer dan Stone Crusher. Kemudian berkembang dengan memproduksi peralatan konstruksi jalan seperti Asphalt Mixing Plant, Asphalt Patch Mixer, Tandem Vibration Roller, Slurry Seal, Asphalt Sprayer, Road Roller dan Stone Crusher, Vibratory Roller, serta Road Maintenance Truck. Dengan kapasitas produksi 50 unit per tahun, unit usaha ini telah melayani beberapa perusahaan yaitu PT Brantas Abipraya, PT Hutama Karya (Persero), PT Adhi Karya Tbk (Persero), PT Nindya Karya, Departemen Pekerjaan Umum (PU), dan beberapa perusahaan swasta lainnya.
Hasil gambar untuk road construction equipment bukaka

D. Special Purpose Venichle
Didirikan pada tahun 1978, unit usaha ini adalah pionir dalam pembuatan kendaraan peruntukan khusus (SPV) di Indonesia. Kendaraan yang diproduksi dijamin dengan supervisi yang tinggi terhadap keamanan dan kemudahan mekanisme operasional dan kontrol. Kualitas dari kendaraan yang diproduksi telah memenuhi standar nasional dan internasional, yaitu Regulasi Pemerintah Indonesia No. 11-1979, National Fire Protection Association (NFPA) - USA terutama NFPA 1901 Automotive Fire Apparatus, Japanese Industrial Standard (JSS) Piping, dan ISO 9001:2000 untuk Standard Quality Management System.Beberapa produk kendaraan yang diproduksi diantaranya Fire Fighting Truck, Aerial Telescopic Ladder, Vacuum Road Sweeper, Aerial Platform Articulating, Compactor Truck, Arm Roll Truck, Dump Truck, Water Tank Truck, Vacuum Truck, Fire Jeep, Wrecker Truck, Catering Truck, Stick Boom Crane Truck, and Service & Recondition of Fire Fighting Truck.
Hasil gambar untuk special purpose bukaka

Dalam Segi Modal Dan Saham 

Perseroan mencatatkan kembali (relisting) saham-sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tanggal 29 Juni 2015 dengan detil sebagai berikut:

Modal dasar : 3, 8 Triliun 
Nilai Nominal : Rp 388/saham
Jumlah saham tercatat : 2.640.452.000 lembar saham 
Modal ditempatkan & disetrokan penuh : Rp. 892.472.776.000
Harga saham pencatatan kembali: Rp590/saham 
Kapitalisasi pasar pencatatan kembali :Rp. 1.557.866.680.000 atau 1,57 Triliun


CV. WIRAKARYA ABADI 


Seiring dengan berkembang pesatnya pembangunan yang mencakup seluruh bidang baik Perkantoran, Perhotelan, Industri, Perumahan, Pusat – pusat Rekreasi, Pusat – pusat Perbelanjaan, dan lain – lain, maka CV. WIRAKARYA ABADI terpanggil untuk mengambil bagian menjawab tantangan dalam bidang Pekerjaan Sipil, guna mendukung dan memenuhi Owners, Users, Konsultan, Main Kontraktor maupun Kontraktor. Didirikannya CV. WIRAKARYA ABADI telah mengambil komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada setiap pelanggan dalam bentuk jasa yaitu :

1.       Konsultan Design ( Interior dan Eksterior )
2.       Kontraktor
3.       Supplier
Adapun bidang pekerjaan yang ditangani adalah sebagai berikut :
·         Pembangunan Gedung
·         Pembangunan Perumahan
·         Renovasi Gedung
·         Renovasi Perumahan
·         Interior Gedung
·         Interior Perumahan
·         Lain – lain
Kami memberikan solusi dari setiap permasalahan dan jawaban dari setiap pertanyaan yang menjadi bagian kami. Dengan Motto “ Memberikan Pelayanan Yang Terbaik ’’ CV. WIRATAMA KARYA MANDIRI diharapkan mampu memenuhi tugas dan tanggung jawabnya sebagai Kontraktor.

Pada CV. WIRAKARYA ABADI modal yang digunakan adalah mungkin sama dengan 500 juta . 

Referensi 
http://wiratamakaryamandiri.blogspot.co.id/2013/11/profil-perusahaan_23.html http://www.bukaka.com/web/about/profil-singkat.html  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar